Syarifuddin Dilantik Sebagai Ketua MA

Pelantikan Syarifuddin sebagai Ketua MA oleh Presiden Jokowi di Istana Negara

Jakarta, Info Breaking News - Presiden Jokowi melantik Ketua Mahkamah Agung (MA), Syarifuddin hari ini (30/4/2020) pukul 9.30 di Istana Negara. Syarifuddin terpilih menggantikan Hatta Ali yang memasuki usia pensiun. Pada sidang paripurna khusus pemilihan Ketua MA, Senin (6/4/2020) di Ruang Prof. Dr. Koesoemah Atmadja, Tower Mahkamah Agung, Jakarta, Syarifuddin meraih 32 suara setelah melalui 2 putaran pemilihan Ketua MA.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden No 41/P/2020 tentang pemberhentian dengan hormat Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan pengangkatan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan sumpah Ketua MA di hadapan Presiden.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menajalankan segala peraturan perundang-undnagan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta berbakti pada nusa dan bangsa," ucap Syarifudin.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah Dr. H.M. Syarifuddin SH., MH. sebagai Ketua Mahkamah Agung. Nampak hadir dalam acara ini, Ketua MA ke-13 Hatta Ali, Menkopolhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, dan sejumlah hakim agung serta pejabat negara lainnya.

Pelantikan Ketua MA ini dijalankan dengan tetap menerapkan physical distancing, mengingat saat ini Indonesia sedang dilanda wabah Covid-19. ***Vincent Suriadinata

Subscribe to receive free email updates: