Rusia Akan Sebar S-400 dan Rudal Iskander

Rusia Akan Sebar S-400 dan Rudal Iskander
Rusia akan mengerahkan sistem rudal pertahanan anti-pesawat S-400 dan rudal Iskander di Kaliningrad. Rencana ini diungkap Kepala Komite Pertahahan Majelis Tinggi Parlemen Rusia, Viktor Ozerov kepada RIA Novosti, Senin (21/11/2016).

Menurut Ozerov, rencana Rusia itu untuk merespons Amerika Serikat (AS) yang menyiapkan rudalnya di Eropa dengan dalih sebagai perlindungan.

"Untuk mengatasi ancaman ini, kami akan dipaksa untuk memperkuat pertahanan udara dan rudal kami di vektor barat akan disebarkan sebagai sarana tambahan untuk mempertahankan infrastruktur komando dan kontrol yang relevan," kata Ozerov.

Menurut Ozerov, penguatan pertahanan di perbatasan barat Rusia itu dengan penyebaran sistem rudal pertahanan canggih S-400 dan sistem rudal balistik Iskander-M di kawasan Kaliningrad, Baltik. Sistem serupa juga akan disebar di distrik militer Barat dan Selatan.

"Kami menghadapi dua tugas utama, untuk menembus pertahanan udara (Barat) dan memastikan perlindungan dari kemungkinan serangan (dari negara-negara yang telah memungkinkan penyebaran rudal AS)," ujar politikus Rusia ini.

Meski demikian, militer maupun pemerintah Rusia belum mengkonfirmasi rencana penyebaran sistem rudal S-400 dan rudal Iskander di kawasan Kaliningrad seperti yang diungkap Ozerov. - Sindo

Subscribe to receive free email updates: