Polres Bojonegoro Siagakan 1.540 Personil,Untuk Pengamanan Pilkades Serentak

BOJONEGORO(metropantura.com) - Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Bojonegoro, Kepolisian Resor Bojonegoro  (Polres) segera menyiagakan 1.540 personel guna pengamanan jalannya Pilkades.

Kapolres Bojonegoro Wahyu Sri Bintoro mengatakan saat kesiapan mengawal jalannya Pilkades serentak di Bojonegoro pada 30 November 2016 di Polda Jawa Timur, Rabu (9/11/2016) kemarin.

"Untuk pasukan pengamanan, Polres Bojonegoro sudah persiapkan secara matang seluruh kekuatan personel Polres Bojonegoro," ungkap Kapolres.

Kapolres menjelaskan, Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Bojonegoro akan berlangsung di 32 desa. Sampai sekarang, pihaknya sudah mengawal setiap tahapannya. Mulai dari persiapan, penetapan calon, hingga pelaksanaan.

"Polres sudah mempersiapkan ploting anggota sesuai dengan kerawanan tingkat TPS," ungkapnya.

Dari total 32 desa tersebut, Kapolres mengatakan, pihaknya sudah mengidentifikasi peta kerawanan masing-masing.

Lebih jauh Kapolres mengatakan, sampai persiapan akhir, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 68.914 jiwa, bakal calon kades ada 85 orang, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 101 TPS.

"Dari jumlah 32 desa itu, ada kriteria tingkat kerawanan yang dipetakan. Ada rawan I sebanyak 3 desa, rawan II sebanyak 19 desa, dan kriteria aman sebanyak 10 desa," jelasnya.

Orang nomor satu dijajaran Polres Bojonegoro itu juga mengungkapkan, dari total 1.540 personel pengamanan yang dibutuhkan, Polres Bojonegoro akan meminta bantuan pasukan BKO (Bantuan Kendali Operasi) dari Polda Jawa Timur sebanyak 1.034 personel.

"Hal itu dikarenakan pelaksanaan pemilihan bertepatan dengan Festival HAM Kabupaten Bojonegoro yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI dan tamu luar negeri," tutur Kapolres.

Menurut Kapolres jajaranya telah menyiapkan dengan matang untuk menghadapi moment tersebut.

Penulis  : Sandi Suswondo
Editor  : M Arief Budiman

Subscribe to receive free email updates: