Kapolda: Perubahan Sistem Bisa Tekan Pungli

Kapolda: Perubahan Sistem Bisa Tekan Pungli JAWA BARAT - Perubahan sistem melalui aplikasi dan teknologi birokrasi pelayanan publik yang berada di Kepolisian bisa menekan serta mengurangi adanya pungutan liar di tubuh Polisi, kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito.

"Kita mengubah sistem untuk menekan pungli, karena pungli bisa dihilangkan dengan sistem yang diperbaiki," katanya di Cirebon, Rabu.

Ia menuturkan pihaknya sekarang terus berupaya untuk mengembangkan sistem dan salah satunya adalah dengan teknologi yang ada seperti halnya aplikasi di smartphon.

Dengan adanya aplikasi, masyarakat bisa meminimalkan birokrasi dan transaksi secara langsung, baik berupa pembuatan SIM, SKCK dan yang lainnya.

"Kita bisa apresiasi Polres Cirebon dengan trobosan kreatif melalui aplikasi yang bisa diakses oleh masyarakat, berupa 'Smart Management Service'," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga membentuk tim Saber Pungli dan kali ini baru ditingkat provinsi, hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk menekan pungli dan mengawasinya.

Setelah tim Sebar Pungli dibentuk di Provinsi, nantinya disetiap Polres juga akan dibentuk tim yang serupa.

"Sudah kami buat tim Saber Pungli untuk tingkat Provinsi dan nantinya semua Polres juga ada," tambahnya. (Antara/WD)

Subscribe to receive free email updates: