Sah! Syarifuddin Resmi Dilantik Jadi Ketua MA



Jakarta, Info Breaking News – Presiden RI Joko Widodo secara resmi melantik Ketua Mahkamah Agung (MA) yang baru, Muhammad Syarifuddin pagi hari ini di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Syarifuddin dilakukan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41/P Tahun 2020 tentang pemberhentian dengan hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan pengangkatan Ketua MA. 

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua MA dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Syarifuddin saat membacakan sumpah jabatan.

Tak hanya Ketua MA, di kesempatan yang sama Jokowi juga melantik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Manahan Sitompul untuk masa jabatan 2020-2025. Ini merupakan kedua kalinya Manahan dipilih memimpin MK setelah sebelumnya sempat menduduki jabatan yang sama tahun 2015-2020.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah kali ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Para tamu undangan yang hadir pun sangat terbatas dan semuanya terlihat mengenakan masker serta menjaga jarak satu sama lain. Dilaporkan sebelum hadir dalam acara pelantikan, semua tamu wajib menjalani rapid test Covid-19.

Diketahui, Syarifuddin lolos sebagai Ketua MA terpilih setelah berhasil mengalahkan calon lainnya, yakni Andi Samsan Nganro dengan perolehan 32 suara. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua MA Bidang Yudisial tersebut menggantikan Hatta Ali yang purnatugas. ***Armen Fosters

Subscribe to receive free email updates: