Lawan Perubahan Iklim, Etiopia Targetkan Tanam 4 Miliar Pohon



Addis Ababa, Info Breaking News – Untuk mengatasi perubahan iklim, pemerintah Etiopia menanam lebih dari 350 juta pohon dalam sehari.

Seperti diwartakan oleh BBC, Senin (29/7/2019) para petinggi di Etiopia meyakini tindakan ini sebagai rekor dunia.

Gerakan yang dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Etiopia, Abiy Ahmed ini bertujuan untuk melawan dampak deforestasi dan perubahan iklim di negara yang rawan kekeringan. Beberapa kantor publik bahkan ditutup agar para pegawai negeri bisa ikut mengambil bagian.
PBB menyatakan cakupan hutan Etiopia menurun dari 35% dari total lahan di awal abad ke-20 menjadi sedikit di atas 4% pada tahun 2000-an.
Praktik penanaman pohon kali ini diluncurkan sebagai bagian dari Green Legacy Initiative yang berlangsung di 1.000 lokasi di seluruh negeri. Para pejabat ditugaskan untuk menghitung bibit yang ditanam oleh sukarelawan.
Menteri Inovasi dan Teknologi Etiopia Getahun Mekuria melalui akun twitternya menyebut lebih dari 350 juta pohon ditanam dalam 12 jam. Tak sampai disitu saja, pemerintah bahkan menargetkan penanaman total empat miliar pohon asli.
Video promosi telah diputar di media pemerintah yang mendesak masyarakat untuk menanam dan merawat pohon. Staf dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Afrika dan kedutaan asing di Etiiopia juga telah mengambil bagian dalam praktik ini.
Rekor Dunia saat ini untuk menanam pohon dalam satu hari dipegang oleh India, yang menggunakan 800.000 sukarelawan untuk menanam lebih dari 50 juta pohon pada tahun 2016. ***Deviane

Subscribe to receive free email updates: