Bantu Negara Bayar Hutang, Raja Malaysia Batalkan Pesta Ulang Tahun

Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V
Kuala Lumpur, Info Breaking News – Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V memutuskan untuk membatalkan perayaan hari ulang tahunnya yang jatuh pada 9 September nanti.

Tak hanya pesta ulang tahun, ia juga ikut membatalkan upacara minum teh.

Pengawas Rumah Tangga Kerajaan Wan Ahmad Dahlan Absul Aziz, seperti yang diwartakan Channel News Asia, Jumat (31/8/2018) mengatakan hal tersebut dilakukan karena raja merencanakan dana dari dua kegiatan tersebut akan disumbangkan ke Tabung Harapan Malaysia.

Tabung Harapan Malaysia sendiri merupakan sebuah lembaga yang dibentuk Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad bagi warga Malaysia yang ingin berpartisipasi membantu membayar hutang negara.

Sejak menjabat pada bulan Mei lalu, Mahathir mengungkapkan negaranya kini tengah menghadapi hutang hingga Rp 3.500 triliun.

Lembaga itu dibentuk setelah adanya seorang warga bernama Nik Shazarina Bakti yang membuka donasi dengan nama Please Help Malaysia.

Lebih lanjut, meski membatalkan acara perayaan dan upacara minum teh, kegiatan lain yang berkaitan dengan ulang tahun Muhammad V bakal digelar sesuai jadwal.

Sementara itu, Mahathir menyatakan bahwa dia tengah mempertimbangkan untuk mengakhiri pencarian donasi di Tabung Harapan Malaysia.

"Kemungkinan kami bakal memutuskannya di bulan depan," ujar PM tertua di dunia tersebut. ***Faradiba

Subscribe to receive free email updates: