Kantor Desa Persiapan Prako Mulai Dibangun


LOMBOK TENGAH,sasambonews.com - Pembangunan kantor desa persiapan Prako Kecamatan Janapria, mulai dilakukan.  Senin kemarin, puluhan warga melakukan pembersihan di lokasi pembangunan kantor desa Prako, tepatnya di depan SDN Prako.

Ketua panitia pembangunan, Karnaen, S.Pd menjelasakan, kantor desa akan dibangun 20 meter persegi di tanah pecatu desa seluas 80 are dengan perkiraan biaya ratusan juta.

Sementara ini, pendaan pembangunan kantor desa dilakukan dengan cara urunan. Sesuai kesepakatan, masing-masing kepala keluarga (KK) dibebankan Rp 25 ribu.  Tapi saking antusiasnya, banyak warga yang menyumbang lebih dari yang ditargetkan. " Ada yang nyumbang  ratusan ribu," kata Karnaen.

Dipilihnya lokasi pembangunan saat ini atas beberapa pertimbangan. Selain strategis dan mudah diakses masyarakat, juga merupakan lokasi yang direkomendasikan tim verifikasi tim kabupaten.Setelah pembersihan, akan dilanjutkan dengan peletakan batu bertama dalam beberapa minggu kedepan.
Ia berharap, peletakan batu pertama bisa dilakukan bupati atau wakil bupati. Hal itu menurutnya sangat penting guna meningkatkan semangat warga dalam mengawal desa Prako sebagai desa definitif. " Kalau kepala daerah yang meresmikan akan membawa nuansa positif,"terangnya.

Sementara itu Ketua BPD Desa Loang Maka selaku desa induk, Kamarudin, mengapresiasi pembangunan kantor desa persiapan Prako. Menurutnya, semua itu merupakan bukti keseriusan warga dalam mewujudkan desa yang mandiri.
Agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari, ia berharap pembangunan melibatkan semua pihak.

Saat ini semua pihak harus focus pada satu hal yakni mensukseskan pembangunan kantor desa. Sebab sukses atau tidaknya pembangunan kantor desa merupakan pertaruhan nama baik desa induk. "Kalau Prako gagal definitif, tentu merupakan tamparan bagi desa induk. Jadi apapun alasannya, kantor desa harus jadi," pungkasnya. |wis

Subscribe to receive free email updates: