Yan Tebai: Melantik PSW YPPGI Baru Di Timika

Petrus Pakage Menerima SK PSW YPPGI Baru, (Foto: Andy-Go/KM)
Timika, (KM)-- Acara ibadah pengukuan pelantikan pengurus Sekolah Wilayah  (PSW) Yayasan Pendidikan Persekolahan Gereja-Gereja Injili (YPPGI) Di Tanah Papua di Kabupaten Mimika, oleh Yan Tebai, SE. selaku Pengurus Umum Sekolah (PUS) YPPGI Ditanah PApua, belangsung pada hari rabu, (30/11/2016) bertempat aula SMA YPPGI Timika jalan Cenderawasi  Distrik Mimika Baru.

Dengan sorotan thema: "Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai. Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya. teks alkitab," (Mazmur 126:5-6).

Acara  pengukuan tersebut diawali dengan renungan singkat seperti tradisi dalam Yasayan YPPGI, ibadah renungan dipimpin langsung oleh Pendeta  Decki Pigome, S.TH. intinya YPPGI bangkit dan mengikuti teladan Yesus untuk selamatkan generasi papua yang masih membutukan pertolongan dari sisi pendidikan tanah Amngsa dan Papua Umumnya.

Jan Tebai SE, Pengurus Umum YPPGI Ditanah Papua secara resmi melantik  Ketua PSW  baru dan kabag-kabagnya, yakni 1.  Petrus Pakage.(Ketua PSW), 2. Jepri Pakage, SE. (TU), 3. Yohanes Gobai, S.pd. M.Pd (TU), 4. Lidia Pigai, Am.Pd. (Bendahara), 5. Monika Pakage, S.Pdk. (Bendahara), 6. Januarius  Nawipa, Spd. ( Kepegawaian), 7. Yemi Gobai, S. Sos. (Kepegawaian), 8. Nahum Edowai, SE. (Perencanaan), 9. Bernadus Beanal  (Perencanaan), 10. Hengi Pekei, SE. (Kurikulum), 11. Natalis Bobi, S,Pd. (Kurikulum).

"Sebelumnya Ketua PSW lama di jabat oleh Pdt. Rudolof Pigai, S.Th. saat pelantikan Ketua PSW lama tidak mengikuti prosesi pelantikan tersebut. tebai juga menyatakan PSW di Wilayah Timika sudah empat kali di lantik, yakni pertama Pdt. Abnel Tinal, kedua Pit Nawipa, ketiga Rudolof Pigai, S.Th.  dan keempat, Petrus Pakage, S.Pd," katanya.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh perwakilan Pemerintah kabupaten Mimika, Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Mimika, Toko-Toko Agama, Toko Adat, Toko Pemuda serta para undangan lainnya.

Tebai, dalam sambutannya menyatakan YPPGI adalah wadah yang didirikan oleh gabungan organisasi oleh para misionari dan Gembala-Gembala lebih kurang lima 55 Tahun  yang silam. hingga saat ini jumlah sekolah mencapai  466 Sekolah dibawa Binaan YPPGI seluruh ditanah papua, baik sekolah PAUD, TK, SD, SMP, SMA,SMK, dan Sekolah Tinggi.

" Yayasan ini di bentuk oleh tujuh badan gereja antara lain misi CAMA, Misi ABMS, misi UFM TEAM, misi ZGK. Seorang penginjil misionari yang di utus oleh CAMA yang bernama Ev.Christian D Paksoal untuk membawah guru-guru pengajar dan di tempatkan di Nieuw Guinea.,"beber Tebai.

lanjut dia,  Yayasan ini lahir pada tanggal 19 september 1963 telah didirikan di Enarotali sebuah wadah dengan di beri nama yayasan pendidikan dan persekolahan Gereja-Gereja Injili di Irian Barat yang di singkat YPPGI. Yayasan ini berdiri pada awal pengalihan pemerintah Nieuw Guinea dari tingkat sekolah kampung (Dorp School A & B).

Dia juga Berharap PSW  baru Kabupaten Mimika harus bersatu dan kerja sama menjalankan tugas agar YPPGI berubah dari sebelumnya. sesuai dengan  arah pengembangan pendidikan, yakni belajar hari ini untuk hidup dalam perdamaian dengan pencipta, diri sendiri, sesama dan dengan lingkungan alam sekitar, sehingga ada kehidupan di masa akan datang.

Karena itu pengembangan pendidikan dilingkungan YPPGI PSW Kabupaten Mimika dititik beratkan pada sasaran Pendidikan untuk Pembangunan bidang Lingkungan, sosia budaya dan ekonomi, demi masa depan Tanah Amungsa. 

Tebai juga minta jalankan sesusi dengan VISInya :"Menjadikan semua siswa menjadi murid Tuhan Yesus Kristus [1], yang hatinya melekat kepada Tuhan Yesus, [2] dan memahami pelbagai pengetahuan yang mampu dilakukannya, [3] kemudian menjadi berkat bagi semua mahluk.

"Dan misi sekolah dilakukan dalam berbagai program, mulai dari pembentukan Ahlak, Pengembangan Pengetahuan dan Skill, termasuk tanggung jawab Sosial terhadap masyarakat setempat dan lingkungan hidup sekitar, "terangnya

 "Kemudian Ketua PSW Baru  Petrus Pakage, juga berharap semua dominasi Gereja yang ada di Timika yakni, GIDI, BAPTIS, GKII, KINGMI, GPKI, dan lainnya diminta supaya harus kerja sama dengan PSW baru untuk mempermudah dalam pengelolaan Yayasan ini,"pintanya. 

Liputor : Andy Ogobay

Subscribe to receive free email updates: